Manajeman Layanan Sistem Informasi #








Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi

      Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap bisnis perusahaan.
        Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb) Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna teknologi informasi.
      Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.

Grab Taxi

        Pada tahun 2012 dikabarkan ada sekelompok teman yang sedang menikmati teh bersama. Seperti warga Asia Tenggara pada umumnya, mereka mulai mengeluh tentang sulitnya mendapat taksi. Namun setelah itu, mereka melakukan sesuatu yang tidak biasa. Mereka memutuskan untuk menyelesaikan masalah ini. Mereka merupakan inisiator kami, Grab (yang saat itu dikenal sebagai MyTeksi). Dalam yang waktu singkat, tujuan sederhana kami bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih besar – membuat Asia Tenggara jadi tempat yang lebih baik.Hari ini, Grab telah hadir di 6 negara di seluruh Asia Tenggara. Dan banyak orang seperti Anda, yang menggunakan layanan kami setiap harinya.Tapi Anda lebih dari sekedar “angka” bagi kami. Seperti Anda, kami juga orang-orang Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Anda adalah tetangga kami. Teman. Keluarga. Dan apapun yang kami lakukan, itu untuk membawa kita semua.

Kelebihan Grab Taxi

            Untuk aplikasi Grab Taxi ketika membuka aplikasi, aplikasi akan langsung mendeteksi geo location pada HP. Geo location ini langsung mengarahkan peta pada aplikasi langsung pada posisi di mana pengguna berada. Dan pada lokasi kita berada pula akan diberikan informasi armada-armada yang tersedia.

                                          

                           Setelah memasukkan data alamat penjemputan dan tujuan. Maka akan dicarikan pengemudi yang paling dekat dengan lokasi pengguna. Setelah pengemudi yang akan mengantarkan pengguna didapatkan, maka melalui layar aplikasi kita dapat melihat dan memantau perjalanan si abang pengemudi tadi. Dari mulai jarak, kecepatan kendaraan, hingga perkiraan waktu tiba di lokasi pengguna.

                                        

    Selanjutnya setelah pengemudi tiba, booking dianggap selesai. Seperti naik taksi biasa, transaksi harga berdasarkan biaya yang tertera pada argo. Bukan yang tertera pada aplikasi. Karena biaya pada argo dipengaruhi juga oleh cepat lambatnya laju kendaraan.

Blue Bird Taxi

          Blue Bird merupakan perusahaan transportasi yang beroperasi di Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia.  Pada awal berdirinya pada tahun 1972, armada yang dimiliki oleh perusahaan ini hanya berjumlah 25 taksi. Ny. Mutiara Djoyokosoetono sebagai pendiri dulunya terinspirasi oleh dongeng dari Eropa tentang harapan dan doa seorang gadis untuk mendapatkan kebahagiaan yang akhirnya terkabul berkat kebaikan seekor burung biru. Blue Bird dicikalbakali oleh perusahaan Golden Bird yang kemudian dikenal sebagai Chandra Taksi, sebagai sebuah perusahaan penyedia jasa sewa mobil yang khusus melayani para jurnalis asing serta pelanggan lain yang berkunjung ke Jakarta.

Kelebihan Blue Bird Taxi



 Pada halaman pertama, pengguna langsung diarahkan pada Monas. Mungkin itu adalah titik utama yang disetting. Baru setelah kita memilih untuk memesan, kita bisa memasukkan  alamat penjemputan. Nomor rumah atau lantai. Juga bisa ditambahkan informasi lainnya, seperti pakaian yang kita gunakan. Hal ini bisa membantu pengemudi nanti mengenali dengan mudah.
                                           

       Kemudian pengguna bisa mensetting jam kedatangan taksi jika memang diperlukan dalam waktu lebih lama. Hal ini bisa membantu pengguna untuk melakukan jadwal penjemputan. Jika tidak perlu, maka cukup isi “now” saja yang artinya meminta untuk segera dijemput.

     Hal yang wajib dimasukkan kemudian adalah tujuan. Setelah pengguna memasukkan alamat tujuan, aplikasi akan langsung mengestimasi biaya yang harus dikeluarkan. Setelah klik order, pengguna tinggal menunggu pada layar dan akan segera terkonfirmasi pengemudi yang akan menjemput pengguna.
                                          

         Selanjutnya setelah pengemudi tiba, booking dianggap selesai. Seperti naik taksi biasa, transaksi harga berdasarkan biaya yang tertera pada argo. Bukan yang tertera pada aplikasi. Karena biaya pada argo dipengaruhi juga oleh cepat lambatnya laju kendaraan.

Kesimpulan

     Jadi pada kesimpulannya Grab Car dan Blue Bird Taxi adalah dua Aplikasi Layanan Sistem Informasi yg berbasis android jika dibandingkan dengan harga jauh lebih murah grab car dibanding taxi biasa dan juga sistem operasinya hanya memesan dari aplikasi android saja sudah dapat memesan nya ,Menurut saya mengapa harus ada permasalahan diantara dua layanan sistem informasi ini ,kembali lagi ke opini masyarakat mengenai lebih efisien dan efektif manakah dua sistem tersebut karena layanan sistem informasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat menggunakan transportasi  



Refrensi 
  1. https://naufalakmalfauzi.wordpress.com/2017/03/17/manajemen-layanan-sistem-informasi/
  2. https://www.kompasiana.com/gemblonk/membandingkan-aplikasi-mobile-grab-taxi-dan-blue-bird_55d4b1dfc022bd8e11555fc2
  3. https://www.merdeka.com/blue-bird-group/

Tidak ada komentar