Pengantar Animasi Dan Desain Grafis #

A.       Pengertian Animasi


Yang dimaksud Animasi adalah gambar yang bergerak, berasal dari kumpulan objek yang telah di susun sedemikian rupa dan bergerak mengikuti alur yang sudah ditetapkan setiap hitungan waktu. Dalam hal ini yang dimaksud dengan “objek” dapat berupa tulisan, gambar hewan, gambar tumbuh-tumbuhan, gambar manusia, dan lain-lain.

Animasi merupakan grafika yang dimana menampilkan gerakan secara berurutan dengan cepat sehingga objek tersebut terlihat hidup. Dengan perencanaan yang benar dan matang maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk di tonton. Jika dalam dunia multimedia animasi merupakan cara menggunakan program pada komputer untuk menghasilkan gerak suatu objek pada layar. Sedangkan orang yang membuat animasi dikenal dengan sebutan animator.Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash

Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan sebagai berikut :

“Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California, 2002)

Yang artinya kurang lebih adalah :

“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

Animasi juga berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan.

Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.

Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari binatang-binatang. Pada 4000 tahun  yang  lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.

Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.

Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang


waktu tertentu sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai:

Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak

Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:


a.         Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan  penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.

b.         Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.

Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan diintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanya mesin mobil atau proses terjadinya tsunami.

B.       Hardware

Alat-alat perangkat keras pada dasarnya adalah komputer yang digunakan dengan tujuan menciptakan animasi yang bervariasi dalam kemampuan, bentuk dan ukuran. Beberapa dari mereka hanya dapat melakukan tugas-tugas tertentu sementara yang lain dapat melakukan berbagai tugas. Berikut adalah beberapa alat perangkat keras yang paling banyak digunakan dari animasi:

SGI
Workstation SGI merupakan salah satu hardware dalam produksi animasi profesional serta siaran dengan animasi berkualitas tinggi. Ia menggunakan sistem operasi UNIX yang sangat cepat dan memberikan hasil yang sangat baik. Ada berbagai jenis komputer SGI yang menggunakan berbagai software dan alat-alat lainnya untuk melaksanakan semua perhitungan kompleks rendering dan memproduksi animasi berkualitas tinggi.









PC
Sebuah PC adalah sistem serbaguna untuk membawa tugas-tugas utama dan animasi. PC memiliki kekuatan dan fleksibilitas yang membuatnya lebih disukai. PC banyak digunakan oleh studio animasi karena faktor biaya rendah dan kualitas kerja mereka menguntungkan.




Amiga

Platform ini pada dasarnya digunakan untuk animasi televisi dan efek khusus. Mereka dimiliki oleh Commodore dan telah mendapatkan reputasi untuk kualitas grafis mereka. software yang termasuk software dari berbagai perusahaan yang mampu melakukan tugas bebas kesalahan dan lebih efisien.



C.       Software


3DStudio Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.



3DStudio
Software ini secara khusus dibuat untuk PC dan merupakan program desain grafis. software ini terdiri dari bagian-bagian seperti modeler 2D, 3D dan 3D lofter modelet yang memungkinkan seseorang untuk membuat angka dengan rentang bervariasi. Ini memiliki animator untuk membuat animasi.




Alias ​​/ Wavefront
Alias dianggap sebagai paket software teratas untuk animasi. Platform SGI menggunakan software ini untuk menciptakan animasi berkualitas tinggi. Bagian terbaik dari software ini adalah modeler yang dapat menyelesaikan tugas kompleks dengan mudah dan memungkinkan animator untuk membuat software untuk membuat koordinasi dengan Alias.










Elastic Reality
Software ini juga digunakan di komputer SGI dan di Mac. Sudah dikreditkan untuk teknik morphingnya yang merupakan terbaik di industri.

Refrensi :

  1. http://revolutiondb23.blogspot.co.id/2011/10/hardware-dan-software-dasar-untuk.html
  2. http://ebook.gunadarma.ac.id/
  3. http://www.pengertianku.net/2017/10/pengertian-animasi-dan-jenisnya-serta-prinsipnya.html


Tidak ada komentar