Pengantar Animasi Dan Desain Grafis #
A. Pengertian Animasi
Yang dimaksud Animasi adalah gambar yang bergerak, berasal dari
kumpulan objek yang telah di susun sedemikian rupa dan bergerak mengikuti alur
yang sudah ditetapkan setiap hitungan waktu. Dalam hal ini yang dimaksud dengan
“objek” dapat berupa tulisan, gambar hewan, gambar tumbuh-tumbuhan, gambar
manusia, dan lain-lain.
Animasi merupakan grafika yang dimana menampilkan gerakan secara berurutan
dengan cepat sehingga objek tersebut terlihat hidup. Dengan perencanaan yang
benar dan matang maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk di tonton.
Jika dalam dunia multimedia animasi merupakan cara menggunakan program pada
komputer untuk menghasilkan gerak suatu objek pada layar. Sedangkan orang yang
membuat animasi dikenal dengan sebutan animator.Pengertian Animasi Menurut Ibiz
Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash
Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan
sebagai berikut :
“Animation is the process of recording and playing back a sequence of
stills to achieve the illusion of continues motion”
( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn,
California, 2002)
Yang artinya
kurang lebih adalah :
“Animasi adalah
sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk
mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah
menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak
sendiri.
Animasi juga berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris
”to
animate” yang berarti menggerakan.
Jadi animasi dapat diartikan
sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau
obyek) yang diam.
Sejarah
animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada
dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari binatang-binatang. Pada
4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan
suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.
Sejak
menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul
keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi
kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan
Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang
menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.
Animasi
sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari
karakter mata manusia yaitu: persistance
of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan
Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil
membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada
tenggang
waktu tertentu
sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa
didefinisikan sebagai:
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu
sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi
dua kategori, yaitu:
a.
Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini
biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses
animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk
pewarnaan, penerapan virtual kamera dan
penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
b.
Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya
digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max,
Maya, Autocad dll.
Animasi
merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan
materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan
diintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan
ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang
secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku.
Sebagai misal proses bekerjanya mesin mobil atau proses terjadinya tsunami.
B.
Hardware
Alat-alat perangkat keras pada dasarnya adalah komputer
yang digunakan dengan tujuan menciptakan animasi yang bervariasi dalam
kemampuan, bentuk dan ukuran. Beberapa dari mereka hanya dapat melakukan
tugas-tugas tertentu sementara yang lain dapat melakukan berbagai tugas.
Berikut adalah beberapa alat perangkat keras yang paling banyak digunakan dari
animasi:
SGI
Workstation SGI merupakan salah satu hardware dalam
produksi animasi profesional serta siaran dengan animasi berkualitas tinggi. Ia
menggunakan sistem operasi UNIX yang sangat cepat dan memberikan hasil yang
sangat baik. Ada berbagai jenis komputer SGI yang menggunakan berbagai software
dan alat-alat lainnya untuk melaksanakan semua perhitungan kompleks rendering
dan memproduksi animasi berkualitas tinggi.
PC
Sebuah PC adalah sistem serbaguna untuk membawa
tugas-tugas utama dan animasi. PC memiliki kekuatan dan fleksibilitas yang
membuatnya lebih disukai. PC banyak digunakan oleh studio animasi karena faktor
biaya rendah dan kualitas kerja mereka menguntungkan.
Amiga
Platform ini pada dasarnya digunakan untuk animasi
televisi dan efek khusus. Mereka dimiliki oleh Commodore dan telah mendapatkan
reputasi untuk kualitas grafis mereka. software yang termasuk software dari
berbagai perusahaan yang mampu melakukan tugas bebas kesalahan dan lebih
efisien.
C.
Software
3DStudio Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya
MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis
oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and
Kinetix.
3DStudio
Software ini secara khusus dibuat untuk PC dan
merupakan program desain grafis. software ini terdiri dari bagian-bagian
seperti modeler 2D, 3D dan 3D lofter modelet yang memungkinkan seseorang untuk
membuat angka dengan rentang bervariasi. Ini memiliki animator untuk membuat
animasi.
Alias / Wavefront
Alias dianggap sebagai paket software teratas untuk
animasi. Platform SGI menggunakan software ini untuk menciptakan animasi
berkualitas tinggi. Bagian terbaik dari software ini adalah modeler yang dapat menyelesaikan
tugas kompleks dengan mudah dan memungkinkan animator untuk membuat software
untuk membuat koordinasi dengan Alias.
Elastic Reality
Software ini juga digunakan di komputer SGI dan di
Mac. Sudah dikreditkan untuk teknik morphingnya yang merupakan terbaik di
industri.
Refrensi :
- http://revolutiondb23.blogspot.co.id/2011/10/hardware-dan-software-dasar-untuk.html
- http://ebook.gunadarma.ac.id/
- http://www.pengertianku.net/2017/10/pengertian-animasi-dan-jenisnya-serta-prinsipnya.html
Post a Comment